Pendidikan yang Merdeka

Kita hidup di sebuah zaman yang berbeda dengan orang tua kita, pun dengan anak-anak. Mereka akan hidup di zaman yang berbeda dengan kita saat ini. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan dihadapi oleh mereka kelak. Kita hanya bisa mempersiapkan mereka untuk dapat menjawab tantangan yang ada kelak. 

Untuk itulah pendidikan diarahkan untuk dapat menjawab tuntutan di zamannya nanti. Salah satu cara mempersiapkannya adalah dengan memberikan pendidikan yang akan membebaskan mereka memilih "alat" yang dapat digunakan dikemudian hari. Sebuah pendidikan yang memerdekakan. Dalam hal ini kita tidak akan pernah tahu keahlian apa yang akan dibutuhkan kelak, sehingga menyiapkan cara untuk dasar bertahan menjadi penting.


Pendidikan Yang Merdeka

Sebuah pendidikan yang tidak hanya mengarahkan anak pada sebuah keahlian, namun sebuah pendidikan yang dapat membantunya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu di awal pendidikannya, memperkaya imajinasi, rasa dan bahasa, serta menguatkan will menjadi tujuan yang ingin dicapai. Agar kelak anak dapat mengetahui ke mana ia ingin pergi dan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di zamannya kelak. Kemudian anak-anak pun dididik untuk melihat bahwa dunia merupakan tempat yang indah, mengasah perasaan agar tidak hanya bertindak berdasarkan kognisi, namun juga dapat berempati dengan lingkungan sekitarnya. Pendidikan pun dilanjutkan untuk mengasah pemikirannya dengan menghadirkan pengajar yang mencintai apa yang mereka pelajari sehingga anak-anak mendapatkan sebuah inspirasi dari pengajarnya. 

Semua hal ini tentu menjadi bekal mereka sehingga kelak ketika mereka mulai menapakkan kaki di dunia di luar pendidikannya ia dapat  menjadi manusia yang merdeka baik dalam menentukan tujuan hidupnya maupun menggunakan keahlian yang dimilikinya.


Related Posts:

0 Response to "Pendidikan yang Merdeka"

Post a Comment